Gambaran Kinerja Tutor Pada Metode Belajar Problem Based Learning Blok Mata Kuliah ÔÇťAsuhan Kebidanan Persalinan, Bayi Baru Lahir dan Kegawatdaruratan di Program Studi D III Kebidanan STIK Immanuel Berdasarkan Persepsi Mahasiswa
Imelda Sianipar

Abstrak

Latar Belakang : Penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) di Program Studi D-III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel dirasakan belum memberi dampak yang positif terhadap kemampuan mahasiswa. Gijselaers dan Schmidt dalam teorinya mengemukakan kualitas kasus pada skenario dan kinerja tutor merupakan faktor penyebab yang berpengaruh terhadap keefektifan kelompok dan berdampak pada pencapaian hasil prestasi belajar.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja tutor pada metode belajar problem based learning blok mata kuliah “Asuhan Kebidanan Persalinan, Bayi Baru Lahir dan Kegawatdaruratan” di Program Studi DIII Kebidanan STIK Immanuel

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Program Studi D-III Kebidanan STIK Immanuel Bandung tahun akademik 2014/2015 yang mengikuti  kegiatan pembelajaran dengan metode PBL pada blok mata kuliah “Asuhan Kebidanan Persalinan, Bayi Baru Lahir dan Kegawatdaruratan”, yaitu sejumlah 83 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner kepada responden. Instrumen penelitian terdiri dari 11 pertanyaan.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan kinerja tutor pada metode belajar problem based learning blok mata kuliah “Asuhan Kebidanan Persalinan, Bayi Baru Lahir dan Kegawatdaruratan” di Program Studi DIII Kebidanan STIK Immanuel menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden (47 responden atau 56,6%) menilai bahwa tingkat Kinerja Tutor tergolong tinggi atau baik. Sedangkan kurang dari separuh responden lainnya (21 responden atau 25,3%) menilai bahwa tingkat Kinerja Tutor tergolong cukup atau sedang dan terdapat 15 orang responden (18,1%) menilai bahwa tingkat Kinerja Tutor kurang.

Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa kinerja tutor pada metode belajar problem based learning blok mata kuliah “Asuhan Kebidanan Persalinan, Bayi Baru Lahir dan Kegawatdaruratan” di Program Studi DIII Kebidanan STIK Immanuel sebagian besar dikategorikan baik.

 

Kata Kunci:  Kinerja Tutor, Problem Based learning

 



© 2017 copyright | Design & Programming by ICT STIK Immanuel | Login